Beranda Tentang Kami Cara Ke Lombok Rinjani Hotel Etika Mendaki Sitemap

 

Selamat datang di Biro Perjalanan Lombok Wisata Tour & Travel Agent, Kami menawarkan informasi tentang Paket perjalanan wisata dan tour ke pulau Lombok dan sekitarnya dengan pelayanan terbaik dan profesional..!!!

 

 

Ikuti Kami di :

GUNUNG RINJANI 3726 M.

Yang Perlu di Lihat

Yang Perlu di Ketahui

Lingkungan

Perkampungan

Peralatan Mendaki

PEMANDU GUNUNG

MENU MENDAKI  RINJANI

JALUR  MENDAKI  RINJANI

Jalur Desa Sembalun

Jalur Desa Senaru

Jalur Desa Timbanuh

Jalur Desa Benang Stokel

PROGRAM MENDAKI RINJANI

Program Puncak 3h/2m

Program Puncak 2h/1m

Program Danau 3h/2m

Program Danau 2h/1m

Program Tebing 2h/1m

Program Tebing 1 Hari

PAKET MENDAKI RINJANI

Paket Tebing 4h/3m

Paket Danau 5h/4m

Paket Puncak 5h/4m

PHOTO GALLERY

LINKS KE KAMI

PARTNER LINK

PERSYARATAN

PEMBAYARAN KE KAMI

HUBUNGI KAMI

Payment:

 

 

 

SITE NETWORK

Lombok Travel Information

Komodo Travel Information

Paket Wisata Ke Lombok

Mount Rinjani Trekking

Lombok Rental Cars

 

 

 

 

 

 

 

ALASAN KENAPA KITA MENDAKI GUNUNG RINJANI 3726 M.

Indonesia terkenal dengan gunung - gunung berapi yang lengkap dengan pemandangan yang sangat mempesona. Salah satunya yang paling tersohor adalah Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Rinjani punya banyak alasan untuk didaki. Gunung Rinjani berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Rinjani memiliki tinggi sekitar 3.726 mdpl. Gunung tertinggi ke - 2 di Indonesia ini memiliki danau kawah dan padang savana cantik di puncak gunungnya yang sudah sangat terkenal. Ungkapan "Kalau sudah mendaki Gunung Rinjani, tak perlu lagi naik ke gunung lain," sepertinya memang benar adanya. Di sepanjang perjalanan saja, pendaki sudah dibuat kagum oleh pesona yang mampu memukau semua orang.

Pendakian di Gunung Rinjani memang dikenal memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Niat yang kuat adalah modal utama untuk mendaki Gunung Rinjani. Pendakian selama berhari - hari akan terasa sangat melelahkan.

Ada 2 jalur pendakian yang terkenal dan dinilai cukup aman bagi tiap pendaki, yaitu Rute Sembalun dan Rute Senaru. Di Jalur Sembalun, pendaki akan melalui hamparan padang savana. Track di jalur ini cukup landai, namun berliku. Sembalun sendiri saat ini sudah menjadi desa wisata yang menyuguhkan pemandangan pegunungan yang indah.

Ada 3 pos peristirahatan di jalur ini. Ketiganya bisa Anda tempuh dengan waktu sekitar 10 sampai 11 jam tanpa henti. Selepas Pos 3, barulah tantangan sebenarnya mulai terlihat. Pendaki akan menghadapi tanjakan terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Perjalanan ini harus Anda tempuh setidaknya selama 5 jam untuk sampai di puncak Rinjani.

Dibanding jalur lainnya, Jalur Sembalun adalah yang paling mudah dilalui. Dibandingkan dengan Senaru, Anda bisa menghemat jarak 700 meter lebih pendek di sini. Hanya saja, jalur ini terasa cukup panas karena padang savana yang Anda lalui.

Walaupun Sembalun adalah jalur yang paling mudah, tapi Jalur Senaru ternyata yang paling ramai dilalui oleh pendaki. Pemandangan di sini akan terlihat sangat berbeda. Di jalur ini pendaki akan melewati hutan tropis yang cukup lebat. Sama halnya dengan Jalur Sembalun, jalur ini juga terdapat 3 pos peristirahatan sebelum sampai ke Pelawangan yang biasa digunakan sebagai camp area.

Lelah sudah pasti akan Anda rasakan. Akan tetapi, pemandangan yang disuguhkan selama di perjalanan sangat indah. Lelah yang ada akan terbayar lunas, bahkan lebih.

Di balik keindahannya sebagai gunung paling indah di Indonesia, Rinjani ternyata memiliki aneka ragam flora dan fauna. Lutung alias monyet hitam bisa dengan mudah Anda temukan saat pagi hari.

Selain itu, ada juga Segara Anak, danau kawah yang terletak di ketinggian 2.000 mdpl. Lokasi ini adalah tempat berlangsungnya Mulang Pekelem, sebuah upacara adat yang dilaksanakan oleh umat Hindu setempat.

Semua pendaki yang menuju puncak Rinjani pasti mampir ke danau ini. Danau Segara Anak adalah tempat paling indah untuk menunggu pagi. Tak perlu alarm untuk membangunkan mata, cahaya pagi yang menyelinap masuk ke dalam tenda pasti akan menyegarkan Anda seketika.

Danau ini biasanya menjadi camp para pendaki. Mereka biasa menghabiskan waktu yang lebih lama di pinggir danau ini. Walaupun ada di ketinggian, danau ini ternyata sudah dilengkapi oleh fasilitas seperti toilet umum.

Selain kaya akan pemandangan alam, Segara Anak ternyata juga memiliki ikan yang berlimpah. Banyak pendaki yang memancing ikan dan mengolahnya untuk mengisi perut. Maklum, suhu sekitar 8 - 15 derajat celcius pasti membuat perut selalu terasa lapar. Eits, jangan ambil seenaknya, pancing yang diperlukan saja agar kelestarian ekosistemnya tetap terjaga.

Merasa tertantang? Jangan katakan Anda sebagai petualang sejati kalau belum mendaki Gunung Rinjani.

ETIKA MENDAKI GUNUNG RINJANI 3726 M

Untuk para pendaki gunung Rinjani 3726 M, ada bebarapa hal yang perlu di perhatikan selama mendaki gunung dengan alasan keamanan para pendaki dan kelesatarian lingkungan hidup di sekitar daerah di kaki gunung Rinjani, adapun yang perlu di perhatikan adalah sbb :

  1. Pendaki/Pengunjung harus melapor/minta ijin pada Kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di Jalan Arya Bajar Getas Lingkar Selatan Kota Mataram atau Pada Pos Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani terdekat dengan membawa/menunjukkan kartu identitas/KTP serta Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

  2. Bagi Pendaki/Pengunjung dengan tujuan penelitian, pendidikan dan rombongan harus membawa surat jalan dari organisasi/sekolah/instansi yang bersangkutan.

  3. Pendaki disarankan membawa penunjuk jalan yang sudah berpengalaman

  4. Pendaki/Pengunjung hendaknya membawa perlengkapan/perbekalan secukupnya serta membawa kembali sampah dan organik keluar kawasan Taman Nasional.

  5. Pendaki/Pengunjung diperbolehkan mendaki pada bulan April s/d November dan disarankan tidak melakukan pendakian pada bulan Desember s/d Maret terkecuali ada izin khusus dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

  6. Selama berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani diperhatikan beberapa hal antara lain:

    - Dilarang mengambil tumbuhan/binatang/bahan/barang-barang lain dari dalam kawasan.

    - Dilarang mencoret-coret/perusakan terhadap pohon/bangunan/batuan yang berada dalam kawasan.

    - Mendirikan tenda pada tempat-tempat yang telah diditentukan

    - Penggunaan api dibatasi pada tempat-tempat tertentu untuk mencegah terjadinya kebakaran

    - Sebelum meninggalkan Kawasan diwajibkan mengumpulkan sampah dan membawa pulang keluar Kawasan TNGR.

  7. Setelah Selesai melakukan pendakian agar melapor kembali ke Pos pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani terdekat atau Kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. [LTN]

 

 

 

 

LOMBOK TRAVEL ONLINE ( LTO Tours )

Jl. Raya Jatisela Perum Rinjani Elit Asri No. 1 Block C. Desa Jatisela Kec. Gunung Sari

 Mataram -  Lombok - NTB - Indonesia

Phone / Fax : +62-370-640380 - 693950 

 HP/WA/SMS : +62(0)81.237.812.222 | +6281998998777 (24 Hours Online)

Email: rinjanitrekkingtravel@gmail.com

Copyright 2012,  Hak cipta di lindungi Undang Undang | LTO Tours